Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan MIPA

MODEL PROBLEM SOLVING EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Kadaritna, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe­lajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi larutan non-elektrolit dan elek­trolit serta redoks siswa kelas X MAN 1 Ban­­dar Lam­pung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan skor n-Gain, an­ta­­ra pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.  Berdasarkan skor rerata n-Gain terbukti secara signifikan bahwa rerata n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.  Hasil terse­but menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam mening­kat­kan keteram­pilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan nonelek­tro­­lit serta redoks siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung TP 2012-2013

Copyrights © 2014