Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Studi Sosial

STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE YANG BERBEDA

Jayadi, Mei (Unknown)
Sudarmanto, R. Gunawan (Unknown)
Purnomo, Eddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2013

Abstract

The study purpose is to find out the affectivity implementation of cooperative learning models Numbered Heads Together (NHT), Team Games tournament (TGT) and Team Pair Share (TPS) in Social Study Learning. The Methods used is Comparative study with experiment approach. Data sampling is clustering random Sampling. Hypothesis uses one way variant of pattern analysis and further Dunnet t-test. Based on the study results can be concluded (1) There is a difference in average results of social students that given cooperative learning Models of NHT, IGT, and TPS. (2) Study result of Social students use cooperative learning model NHT is higher than those who use cooperative learning model TGT and TPS. (3) Learning result social students who use cooperative model TGT is higher than those who use cooperative model TPS.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Team Games Tournament (TGT) dan TeamPair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi perbandingan dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis satu arah varians dan Dunnet t-test lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan dalam hasil rata-rata IPS siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif model NHT, IGT dan TPS. (2) Hasil studi sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif model TGT jenis. (3) Hasil penelitian mahasiswa sosial belajar menggunakan Model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada menggunakan model kooperatif TPS. Kata kunci: studi perbandingan, pembelajaran kooperatif, NHT, TGT, TPS

Copyrights © 2013