Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Pengajaran MIPA

UPAYA MENCAKTIFKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY


Rahayu, Endang Sri ( Jurusan Pend.Matematika ) , Juandi, Mr Dadang ( Jurusan Pend.Matematika ) , Puspita, Mrs Entit ( Jurusan Pend.Matematika )



Article Info

Publish Date
01 Jun 2007

Abstract

Salah satu upaya untuk mengaktifkan siswa dalam pembeiajaran nratematika dapatdilakukan melalui penerapan model pembinaan propesi guru yang dikenal dengannanta "Lesson Study". Kegiatan Lesson Study dilakukan dalam tiga tahapan yaituPlan (perencanaan), Do (pelaksanaan) dan See (repleksi) yang dilakukan secarakolaboratif dan berkelanjutan. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupaLembar Observasi dan Lembar Kerja Siswa dengan topik penjumlahan danpengurangan bentuk aljabar suku sejenis dan bukan sejenis, penelitian dilaksanakanterhadap siswa kelas VII SMPN I Jatinangor, observasi kelas dilakukan oleh 25guni matematik pada hari Rabu tanggal 22 Desember 2006 bertepatan denganImplementasi putaran pertama kegiatan Lesson Study. Dari hasil analisis lembarobservasi pembelajaran terungkap bahrva rnodel pcmbelajaran Kooperatif tipeJigsaw dapat mernotivasi setiap anggota kelompok untuk bekerja sama secarabertanggung jawab mengerjakan hrgas yang terdapat pada LKS. Nilai tugasmatematik pada LKS yang diperoleh masing-masing kelompok berkategori tinggi,menunjukkan bahwa kegiatanberdiskusi kelompok kecil untuk menyelesaikanmasalah lebih memotivasi anak dalam menemukan solusi yang lebih baik. Hal-halpenting yang diperoleh guru sebagai observer dari kegiatan leison study ini adalahadanya penambahan pengetahuan tentang model pembelajaran kooperatif tipejigsaw; memilih media pembelajaran sederhana dan menyusun yang LKS dapatmemotivasi dan membantu sisrva bermatematika secara aktif; cara guru memberikanmotivasi pada sisrva; dan cara menjalin hubungan yang baik antara guru dengansiswa.Kata kunci: lessott study, nodel kooperald, jigsaw, ntotivasi


Copyrights © 2007






Download : Full PDF (5477.48 KB)
Original Source : http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/360
Google Scholar : Check in googleschoolar