Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENGARUH PENGUASAAN KONSEP EKONOMI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP POLA PERILAKU KONSUMSI SISWA


Yanti, Sri ( Program Studi S-2 Pendidikan Ekonomi,FKIP Untan Pontianak ) , Matsum, Junaidi H. ( Program Studi S-2 Pendidikan Ekonomi,FKIP Untan Pontianak ) , Asriati, Nuraini ( Program Studi S-2 Pendidikan Ekonomi,FKIP Untan Pontianak )



Article Info

Publish Date
02 Dec 2014

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penguasaan konsep ekonomi siswa terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa kelas XI IPS  di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan kabupaten Bengkayang. Hipotesis diformulasikan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).Berdasarkan pengujian secara parsial atau uji t, ditemukan bahwa faktor penguasaan konsep ekonomi berpengaruh terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan di kabupaten Bengkayang.2).Berdasarkan pengujian secara parsial atau uji t, ditemukan bahwa Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap pola perilaku konsumsi siswaXI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan kabupaten Bengkayang.3).Berdasarkan pengujian secara simultan atau uji F, ditemukan bahwa faktor penguasaan konsep ekonomi dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan  kabupaten Bengkayang Kata Kunci:Konsep Ekonomi, Status Sosial ekonomi, Pola perilaku konsumsi Abstract:This study to determine the contribution of the students mastery of economic concepts to patterns of consumption behavior in class XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan. This study uses quantitative methods. Data were collected by questionnaire technique, the respondents in this study were 50 students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Sungai Raya KepulauanKabupaten Bengkayang. The hypothesis is formulated and tested using multiple regression analysis. The results showed that: 1). Based on partial test or t test, it was found that the mastery of the concept of economic factors influence the consumption patterns of behavior class XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya KepulauanKabupaten Bengkayang. 2). Based on partial test or t test, it was found that socioeconomic status affects orag old behavior patterns of consumption IPS XI students of SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepualauan Kabupaten Bengkayang.3). Based on simultaneous testing or F test, it was found that the mastery of the concept of economic factors and socio-economic status are jointly significant effect on consumption behavior pattern class XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan kabupaten Bengkayang Keywords:Concept of Economic, Socio-economic status, patterns of consumption behavior 1 


Copyrights © 2014






Download : Full PDF (2411.539 KB)
Original Source : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8168
Google Scholar : Check in googleschoolar