Jurnal Fakultas Pertanian
Vol 1, No 4 (2014)

EFEK STERILISASI DAN KOMPOSISI MEDIA INOKULAN KONSORSIUM MIKORIZA ARBUSKULA (MA) DAN MYCORRHIZAL HELPER BACTERIA (MHB) TERHADAP JUMLAH SPORA MA, POPULASI MHB, DAN NISBAH PUPUS AKAR SORGUM (Sorghum bicolor)

kartika, yeti ( 150510100264 )
Nurbaity, Anne (Unknown)
Fitriatin, Betty Natalie (Unknown)
Sofyan, Emma Trinurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2014

Abstract

Sterilisasi dan komposisi media merupakan faktor penentu dalam menghasilkan inokulan mikoriza yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas inokulan konsorsium FMA dan MHB yang terbaik dengan merekayasa media tanam dan metode sterilisasi. Percobaan telah dilakukan di rumah kaca menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri atas dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah sterilisasi media yang terdiri atas: (1) sterilisasi melalui pencucian dengan air, (2) sterilisasi menggunakan autoklaf, (3) sterilisasi dengan NaOCl, dan (4) sterilisasi dengan irradiasi gamma. Faktor kedua adalah komposisi media yang terdiri atas: (1) 100% zeolit, (2) 75% zeolit : 25% arang sekam, dan (3) 50% zeolit : 50% arang sekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara sterilisasi dan komposisi media terhadap jumlah spora MA, namun tidak berpengaruh terhadap nisbah pupus akar sorgum. Sterilisasi media secara mandiri berpengaruh terhadap populasi MHB. Perlakuan sterilisasi irradiasi gamma + komposisi media 75% zeolit : 25% arang sekam merupakan perlakuan yang cenderung lebih baik dalam meningkatkan jumlah spora MA, populasi MHB, dan nisbah pupus akar sorgum. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal-faperta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agricultural Science Journal – ASJ atau disebut juga Jurnal Fakultas Pertanian adalah jurnal yang menampung artikel-artikel ilmiah yang relevan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni yang merupakan bagian dari Skripsi, Tesis maupun Disertasi sebagai penulis utama. Jurnal ini menerbitkan 4 volume ...