Media Akademika
Vol 27, No 2 (2012)

Analisis Materi Keterampilan Berbicara dalam Buku Ajar Mulakhkhash Al-Arabiyah Linnasyi’in

Prihartini, Yogia ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )



Article Info

Publish Date
11 Apr 2014

Abstract

Buku teks (buku ajar) sebagai sumber bahan pembelajaran dan sumber informasi utama memegang peran yang sangat penting dalam pencapaian tujuan proses pembelajaran. Di antara buku ajar yang dapat mengukur kemampuan berbahasa adalah buku ajar Mulakhkhash Al-Arabiyah Linnasyi’in, hal ini sebagai bentuk perhatian terhadap pembelajaran bahasa Arab dan berbagai bentuk partisipasi serta ikut memberikan adil secara langsung terhadap pembelajaran bahasa Arab. Mulakhkhash Al-Arabiyah Linnasyi’in merupakan salah satu buku ajar yang direkomendasikan untuk para pembelajar bahasa Arab bagi non-Arab. Buku ini terdiri atas tiga jilid yang diatur secara berurutan dan disusun dengan judul yang bervariasi. Buku ini berisi materi yang mengandung empat keterampilan berbahasa yang ada dalam pembelajaran berbahasa Arab, yaitu maharatul istima’, maharatul kalam, maharatul qira’ah, dan maharatul kitabah. Artikel ini membahas materi satu dari empat keterampilan tersebut, yakni keterampilan berbicara, yang terdapat dalam buku ajar Mulakhkhash Al-Arabiyah Linnasyi’in.

Copyrights © 2012