JURNAL STANDARDISASI
Vol 14, No 2 (2012): Vol. 14(2) 2012

ANALISIS SUMBER KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN METODE UJI SNI 7369:2008 REGULATOR TEKANAN RENDAH UNTUK TABUNG BAJA LPG

Utomo, Bayu ( Pusat Penelitiaan Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian-LIPI Kawasan Puspiptek Gedung 410 Cisauk, Tangerang )
Firdaus, Himma ( Pusat Penelitiaan Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian-LIPI Kawasan Puspiptek Gedung 410 Cisauk, Tangerang )
Tjahjono, Hari ( Pusat Penelitiaan Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian-LIPI Kawasan Puspiptek Gedung 410 Cisauk, Tangerang )



Article Info

Publish Date
19 Mar 2013

Abstract

Hasil pengukuran yang tidak disertai dengan dugaan ketidakpastiannya merupakan pernyataan yang tidak lengkap bahkan mungkin tidak berarti. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang berkontribusi mempengaruhi hasil pengukuran. Tujuan makalah ini adalah untuk melakukan identifikasi dan analisis sumber-sumber ketidakpastian pengukuran dalam pengujian SNI 7369:2008 regulator tekanan rendah untuk tabung baja LPG mengacu ISO GUM. Dari 13 metode uji regulator tekanan rendah, terdapat 4 metode uji dengan pengamatan, 6 metode uji dengan pengukuran, 1 metode uji dengan pengamatan dan pengukuran dan 2 metode uji dengan pengukuran dan perhitungan. Ketidakpastian untuk metode uji perubahan volume dan kehilangan berat adalah paling komplek dibandingkan metode uji lainnya karena melibatkan persamaan matematis. Kontribusi ketidakpastian terbesar ada pada ketidakpastian yang bersumber pada sertifikat kalibrasi dari peralatan. Oleh karena itu, untuk meminimalisasi ketidakpastian perlu digunakan peralatan yang memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Copyrights © 2012