TRANSMISI
Vol 14, No 4 (2012): TRANSMISI

PENGENDALIAN pH AIR DENGAN METODE PID PADA MODEL TAMBAK UDANG

Kristianto, Andrian ( Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang Jawa Tengah 50275 )
Setiawan, Iwan ( Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang Jawa Tengah 50275 )
Sumardi, Sumardi ( Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang Jawa Tengah 50275 )



Article Info

Publish Date
07 Dec 2012

Abstract

Abstrak Luas wilayah perairan yang cukup besar Indonesia memiliki potensi dalam pengembangan dan budidaya hasil perikanan seperti udang, namun banyaknya petambak udang yang gagal panen karena perubahan cuaca yang tak menentu ini mengakibatkan buruknya kondisi air tambak sehingga menyebabkan banyak udang yang mati. Pengaruh keadaan air memang sangat penting karena ada beberapa parameter air yang berpengaruh pada udang seperti suhu air, kadar oksigen, pH, dan salinitas. Parameter tersebut perlu dijaga kestabilannya untuk kelangsungan hidup udang. Pengendalian pH air dengan metode PID Ziegler Nichols I ini dilakukan pencarian parameter kontroller pada beban tertentu dengan menggunakan metode bumptest untuk mendapatkan parameter L (keterlambatan), T (time konstan), dan K (gain) sehingga didapat nilai Kp, Ki, dan Kd. Metode PID Ziegler Nichols I hasil penelitian mengahsilkan nilai Kp= 175, Ki= 40, dan Kd= 10 dari nilai parameter L= 20 sekon, T= 71 sekon dan K= 0,0243 pH/%. Dari hasil pengujian metode PID Ziegler Nichols I dirasa cukup efektif dalam mengatasi gangguan dari beberapa hasil pengujian dengan gangguan berupa larutan asam dengan pH sebesar 3,80 dan 4,08 didapatkan error steady 5% sedangkan untuk gangguan berupa larutan asam dengan pH sebesar 5,03 error steady 4%. Kata kunci :Kontrol PID (Proporsional-Integral-Derivative), Pengontrolan pH air, Sensor pH.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

transmisi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Transmisi (p-ISSN: 1411-0814, e-ISSN: 2407-6422) diterbitkan oleh Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Pertama kali terbit pada tahun 1999. Saat ini, Jurnal Transmisi telah terakreditasi Sinta-3 menurut SK Dirjen Penguatan Risbang Kemenristek Dikti NOMOR 14/E/KPT/2019 ...