Ta'lim
Vol 4, No 1 (2014)

Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ukhuwah Banjarmasin Tahun Pelajaran 2013/2014.

rivilla, Sessiju rewetty (Unknown)
ati, Jumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2014

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ukhuwah Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 dan diteliti dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa. Objeknya adalah integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika. Pengumpulan data untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran Matematika dilakukan dengan menggunakan instrument cek list. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 sangat baik. Guru telah merencanakan integrasi nilai karakter yang diharapkan pada siswa dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, selanjutnya guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap kegiatan pembelajaran. Di kelas IV, berani adalah karakter yang paling banyak terntegrasi dibandingkan dengan karakter disiplin dan kerjasama. Sedangkan di kelas V, disiplin adalah karakter yang paling banyak terintegrasi dibandingkan dengan karakter jujur dan teliti. Penilaian yang dilakukan terhadap karakter siswa dengan mengamati secara langsung tingkah laku siswa pada setiap kegiatan pembelajaran dan dengan sistem pemberian poin. Siswa yang tingkah lakunya memperlihatkan karakter yang diharapkan akan diberi nilai berupa poin, sedang bagi siswa yang sebaliknya akan diberi pengurangan poin. Di kelas IV, karakter yang paling banyak terlihat dari tingkah laku siswa adalah disiplin selanjutnya karakter berani kemudian karakter kerjasama. Sedangkan di kelas V, karakter yang paling banyak terlihat dari tingkah laku siswa adalah disiplin selanjutnya karakter teliti kemudian jujur. Sebagai tindak lanjut, guru memberikan reward pada siswa yang memiliki poin dengan jumlah yang banyak dan punishment pada siswa yang memiliki poin dengan jumlah yang sedikit.

Copyrights © 2014