Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA X MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA PETA KONSEP

-, Ernawati (Unknown)
-, Susilaningsih (Unknown)
Hamidi, Nurhasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2014

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik  Kelas XI IPS 4 SMA X melalui penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA X yang berjumlah 39 peserta didik yang terdiri dari 23 perempuan dan 16 laki-laki. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik mata pelajaran akuntansi Kelas XI IPS 4 SMA X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Validitas tes menggunakan validitas isi. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) tahap pengenalan masalah, (2) tahap persiapan tindakan, (3) tahap penyusunan rencana tindakan, (4) tahap implementasi tindakan, (5) observasi dan interprestasi, (6) refleksi, (7) penyusunan laporan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada pra tindakan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 28% (11 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 72% (28 peserta didik) dengan nilai rata-rata kelas adalah 64,97. Pada siklus I persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) meningkat menjadi 73% (29 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 27 % (10 peserta didik) dengan nilai rata-rata kelas adalah 80,84. Pada siklus II persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) meningkat menjadi 100% (39 peserta didik) dengan nilai rata-rata kelas adalah 89,84.Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik Kelas XI IPS 4SMA XKata kunci: model pembelajaran direct instruction, peta konsep, prestasi belajar. ABSTRACTThe objective of this research is to improve the learning achievement in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program 4 of Senior Secondary School X through the application of the Direct Instruction learning model with the concept mapping media.This research used the classroom action research. The subjects of the research were the students as many as 39, 23 females and 16 males, in Grade XI of Social Science Program 4 of Senior Secondary School X. The data of the research consisted of the qualitative and quantitative ones. The sources of the data were the accounting teachers and the aforementioned students. The data were gathered through observation, in-depth interview, test, and documentation. They were validated by using data source triangulation and data gathering method triangulation. The quantitative data were analyzed by using the descriptive comparative statistical analysis, whereas the qualitative ones were analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The procedures of the research consisted of seven phases, namely: (1) problem introduction, (2) action preparation, (3) action plan arrangement, (4) action implementation, (5) observation and interpretation, (6) reflection, and (7) report arrangement.      The result of the research shows that the application of the direct instruction learning model with the concept mapping media can improve the learning achievement in Accounting as proven by the improved achievement of their learning result. Prior to the treatment, the number of students who fulfilled the minimal completeness criteria is 11 students (28%), and that of students who did fulfill the minimal completeness criteria is 28 students (72%) with the class average score of 64.97. In Cycle I, following the treatment the number of the students who fulfilled the minimal completeness criteria becomes 29 students (73%), and that of students who did not fulfill the minimal completeness criteria becomes 10 students (27%) with the class average score of 80.84. In Cycle II, the number of students who fulfilled the minimal completeness criteria is 39 students (100%) with class average score of 89.84.Based on the result of the research, a conclusion is drawn that the application of the direct instruction learning model with the concept mapping media can improve the learning achievement in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program 4 of Senior Secondary School X.Keywords: Direct instruction learning model, concept mapping, and learning achievement.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

jupe menerbitkan secara on-line kajian ilmiah dan hasil penelitian mahasiswa tentang pendidikan ekonomi yang mengakomodir pendidikan ekonomi, pendidikan akutansi, pendidikan tata niaga dan pendidikan administrasi perkantoran. Kesemuanya memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan ...