ELEMENTARY SCHOOL
Vol 1, No 1 (2014): Elementary School

PENGEMBANGAN BANK SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL SD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 DI SD NEGERI KALIMENUR SENTOLO KULON PROGO DIY

Mardiana, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2014

Abstract

Diterima: 20 September 2013. Disetujui: 1 November 2013. Dipublikasikan: Januari 2014   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Bank Soal dan Pembahasan UN Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk membantu meningkatkan kematangan persiapan siswa dalam menghadapi UN, (2) mengungkapkan kualitas Bank Soal dan Pembahasan UN Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman, (3) mengetahui aspek daya tarik Bank Soal dan Pembahasan UN Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dikembangkan, dan (4) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan Bank Soal dan Pembahasan UN Berbasis Multimedia Interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Validator penelitian terdiri dari satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Ahli materi menilai aspek isi dan pembelajaran; ahli media menilai aspek tampilan dan pemrograman. Subjek adalah siswa kelas VI SD Negeri Kalimenur. Pada uji coba melibatkan tiga siswa yang memiliki peringkat tertinggi di kelas VI. Pada uji coba lapangan seluruh siswa kelas VI. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman observasi, dan soal dalam produk CD. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Kata kunci : pengembangan, berbasis, multimedia, pembelajaran, interaktif Abstract  *Alamat Korespondensi SD Kasihan Bantul DIY Tria_mardiana@gmail.com     This study aims to ( 1 ) developing the UN s Discussion and Question Bank Based Multimedia Interactive Learning to help improve student preparation maturity in dealing with the UN , ( 2 ) reveal the quality and Discussion Question Bank Based Multimedia Interactive Learning UN review of aspects of the content , the learning , the display , and programming , ( 3 ) determine aspects of attractiveness Discussion Question Bank and UN -Based Multimedia Interactive Learning developed , and ( 4 ) determine students mastery learning after learning to use the Question Bank and UN -Based Interactive Multimedia Discussion . This research is developing . Validator study consisted of one person matter experts and a media expert . Experts assess the material aspects of the content and learning; media experts assess aspects of the display and programming. Subject of research is trying Elementary School sixth grade students Kalimenur, Kulon Progo, Yogyakarta . Individual trials involving three students who have the highest rank in class VI . Field trials involving all sixth grade students at the elementary school . Data collection instrument used was a questionnaire , observation , and questions presented in an interactive learning CD products . Data were analyzed using descriptive statistical techniques . Keywords : Developing, Based Multimedia Interactive Learning. © 2014 Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ElementarySchool

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School mempublikasikan tulisan ilmiah dari telaah pustaka maupun hasil penelitian dalam lingkup pendidikan dan pembelajaran Ke-SD-an.Dengan subjek penelitian siswa jenjang Sekolah Dasar Kelas I-VI dan mahasiswa S1 PGSD pada bidang Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu ...