Jurnal Energi Dan Manufaktur
Vol 6, No 1 April 2013

Analisa Pengaruh Parameter Tekanan dan Waktu Penekanan Terhadap Sifat Mekanik dan Cacat Penyusutan dari Produk Injection Molding Berbahan Polyethylene (PE)


Erwin, Erwin



Article Info

Publish Date
25 Feb 2014

Abstract

Injection molding adalah salah satu operasi yang paling umum dan serba guna untuk produksi massalpada komponen plastik yang komplek dengan toleransi dimensional yang sempurna. Pada prosesinjection molding, parameter waktu dan penekanan merupakan salah satu parameter penting yangharus diperhatikan untuk keberhasilan proses produksi melalui injection molding. Metode yangdigunakan adalam menggunakan response surface methodology . metode ini merupakan suatu prosesperencanaan percobaan untuk memperoleh data yang tepat sehingga dapat dianalisa dengan metodestatistik serta kesimpulan yang diperoleh dapat bersifat objektif dan valid. Dari hasil penelitian didapatkesimpulan bahwa Parameter tekanan dan waktu penekanan hanya memberi pengaruh terhadap sifatmekanik flexural strength dan flexural modulus spesimen. Dari segi nilai properties yang dihasilkanspesimen no.4 yang memiliki nilai properties terbaik. Dan dari data output analisis shrinkage denganmenggunakan RSM didapat kesimpulan bahwa bahwa kedua parameter proses tersebut mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap terjadinya shrinkage. Dari hasil optimasi menggunakan fiturresponse surface optimizer didapat hasil setting parameter optimal adalah waktu penekanan: 1,6898 (s),tekanan: 78,2290 (bar).


Copyrights © 2014







Original Source : http://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/8021
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Energy Industrial & Manufacturing Engineering

Description

"Jurnal Energi dan Manufaktur" is a journal published by Department of Mechanical Engineering, University of Udayana, Bali since 2006. During 2006-2011 the journal's name was "Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM" (Scientific journal in mechanical engineering, CAKRAM). "Jurnal Energi dan Manufaktur" is ...