Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2014): Februari 2014

PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI ALGA BERDASARKAN STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI SIANTAN HILIR

Fitrialisma, Yenny ( Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan )
,, Syamswisna (Unknown)
Yeni, Laili Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2014

Abstract

Abstract: This research aims to study phytoplankton community structure and determine water quality at Siantan Hilir, Kapuas river based on phytoplankton community structure and also to determine the expediency of learning devices based on phytoplankton community structure research. Form of this research is descriptive with survey method. The results were found 14 genera of phytoplankton from 3 classes i. e : Bacillariophyceae (6 genera), Chlorophyceae (6 genera), dan Cyanophyceae (2 genera). Abudance of phytoplankton ranged from 76,25-270,25 ind/L, the highest value was on location II (270,25 ind/L) and the lowest on location I (76,25 individu/L). Diversity indeks (H’) = 0,9261-1,2631, dominant index (D) = 0,4690-0,5744, evenness index 0,4453-0,5037. Validation of the learning devices classified as valid by score RPP (3.78), LKS (3.76), and media flipbook (3,74). Based on the phytoplankton community structure, the waters quality in Siantan Hilir classified as moderate to severe polluted and there is no extreme genus dominated the others. Validity scores showed a decent learning devices used in sub alga material in class X SMA.   Keywords: Phytoplankton community structure, learning  devices Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas fitoplankton dan menentukan kualitas perairan Siantan Hilir, sungai Kapuas berdasarkan struktur komunitas fitoplankton serta mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dari hasil penelitian struktur komunitas fitoplankton. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survey. Hasil penelitian ditemukan 14 genus fitoplankton dari 3 kelas yaitu Bacillariophyceae (6 genus), Chlorophyceae (6 genus), dan Cyanophyceae (2 genus). Kelimpahan yang diperoleh berkisar antara 76,25-270,25 individu/L, kelimpahan tertinggi pada titik II (270,25 individu/L) dan terendah pada titik I (76,25 individu/L). Indeks keanekaragaman (H’) = 0,9261-1,2631, indeks dominansi (D) = 0,4690-0,5744, indeks kemerataan (E) = 0,4453-0,5037. Hasil validasi perangkat pembelajaran tergolong valid dengan skor RPP (3,78), LKS (3,76), dan media flipbook (3,74). Berdasarkan struktur komunitas fitoplankton, kualitas perairan Siantan Hilir tergolong tercemar sedang sampai berat dan tidak terdapat genus yang secara ekstrim mendominansi genus lainnya. Skor validitas menunjukkan perangkat pembelajaran layak digunakan pada sub materi alga di kelas X SMA.   Kata kunci : Struktur komunitas fitoplankton, perangkat pembelajaran

Copyrights © 2014