Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2014): Januari 2014

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 9 PONTIANAK TIMUR


F10211015yarso, Sri Sumarini Y.E., ,, Mashudi, Matsum, Junaidi H.



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Aspek motivasi belajar, sikap dan persepsi siswa di sekolah, khusunya di SMA Negeri 9 Pontianak sering diterjemahkan dari sisi guru, misalnya siswa dengan tingkat kepandaian sedang, cukup, kurang dikatakan malas belajar, tidak mau latihan soal dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh motivasi, sikap, dan persepsi siswa pada pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar di SMA Negeri 9 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan bentuk penelitian explanatory research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasilan alisis data bahwa ada pengaruh simultan dapat dilihat dari hasil adjusted R-Square diperoleh sebesar 0,972 dan 0.633 persen yang berartikontribusi motivasi, sikap, terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 97,20 persendan 63,30 persen, sedangkan sisanya 2,80  persendan 26,70 dipengaruhi oleh variabel lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti. Dari hasil uji parsial diperoleh nilai koefisien regresi parsial motivasi sebesar 0,351 yang berarti bahwa kontribusi yang diberikan oleh motivasi terhadap hasil belajar  sebesar 35,10 persen. Nilai koefisien regresi parsial yaitu persepsi sebesar 0,316 yang berarti bahwa kontribusi yang diberikan oleh variabel persepsi terhadap hasil belajar  sebesar 31,60 persen. Kata Kunci: Motivasi, Sikap, Persepsi, dan Hasil Belajar Ekonomi   Abstract: Aspects of learning motivation, attitudes and perceptions of students in the school, especially in SMA 9 Pontianak often interpreted in terms of teachers, for example, students with moderate skill level, enough, say less lazy learning, exercise will not matter and others. The purpose of research is to analyze the influence of motivation, attitudes, and perceptions of students in the learning economy on learning outcomes in SMAN 9 Pontianak. The method used was a survey method to form explanatory research. Data collection techniques used were observation and questionnaires. Based on the analysis of the data that there is a simultaneous effect can be seen from the results obtained by the adjusted R -square of 0.972 and 0.633 per cent which means the contribution of motivation, attitudes, the results of the economic study by 97.20 percent and 63.30 percent, while the remaining 2.80 percent and 26.70 is influenced by other variables not examined in this study. The partial test results obtained partial regression coefficient of 0.351 motivation which means that the contributions made by the motivation on learning outcomes by 35.10 percent. Valuethe partial regression coefficient of 0.316, which means the perception that the contribution given by the variable perceptions of learning outcomes at 31.60 percent. Keywords : Motivation, Attitudes, Perceptions, and Learning Outcomes Economy


Copyrights © 2013






Download : Full PDF (238.696 KB)
Original Source : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4189
Google Scholar : Check in googleschoolar