Kreano
Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Menggunakan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Konsep di SD

Mastur, Zaenuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2010

Abstract

Masyarakat dapat dipersepsi sebagai sebuah ruangan kelas dan sekolah dapat dipandang sebagai representasi sebuah masyarakat; tempat murid, guru dan orang tua menciptakan definisi sebuah sekolah masyarakat. Di dalam masyarakat dimungkinkan terjadi miskonsepsi, namun demikian, miskonsepsi yang terjadi dan bersumber dari masyarakat dapat  “disembuhkan” menggunakan instrumen-instrumen yang tersedia di masyarakat. Telah terjadi miskonsepsi di komunitas siswa dan guru di jenjang SD, p = 22/7. Secara konseptual, nilai p merupakan perbandingan keliling dan diameter suatu benda yang berbentuk lingkaran. Melalui kegiatan pengukuran benda-benda berbentuk lingkaran yang tersedia cukup melimpah di lingkungan sekitar, kemudian membandingkannya dengan diameter, kesalahan Siswa di dalam memahami konsep  dan penerapannya melalui diskusi kelompok kecil, dapat direduksi sebesar 80%. Kata kunci: lingkungan sekitar, sumber pembelajaran, konsep

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

kreano

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Kreano, mempublikasikan artikel-artikel yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka, dan kreasi inovasi lain di ...