Dinamika Pendidikan
Vol 3, No 1 (2008): Juni 2008

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI

Mahmud, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi motivasi terhadap mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa akuntansi di Kota Semarang. Sampel penelitian berjumlah 388 yang berasal dari empat perguruan tinggi, yaitu UNNES, UNDIP, UNIKA dan UDINUS. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu motivasi yang terdiri atas motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, dan motivasi sosial. Sedangkan variabel dependennya adalah minat mengikuti PPA. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPA sebesar 23,2%. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada lembaga penyelenggara PPA untuk selalu mengembangkan kurikulum PPA. Kata kunci: Motivasi, Minat, Pendidikan Profesi Akuntan.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...