Dinamika Pendidikan
Vol 3, No 2 (2008): Desember 2008

PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SISWA SMA

Mahmud, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifvitas penerapan metode problem posing dalam pembelajaran akuntansi, khususnya pokok bahasan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI SMA N 1 Wanasari Brebes berjumlah 180 orang yang terbagi dalam empat kelas. Sampel penelitian diambil berdasarkan cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar dengan metode problem posing dan prestasi belajar dengan menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdaapt perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem dan metode konvensional. Metode problem posing terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan metode problem posing dalam pembelajaran akuntansi. Kata kunci: Prestasi Belajar, Metode Problem Posing

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...