SAINSMAT
Vol 1, No 2 (2012): September

Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Limit Fungsi di Satu Titik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM)

Ekafitria Bahar, Erni ( Universitas Negeri Makassar )
Rahman, Abdul ( Universitas Negeri Makassar )
Minggi, Ilham ( Universitas Negeri Makassar )



Article Info

Publish Date
13 Jan 2014

Abstract

DOWNLOAD PDFKonsep  limit  fungsi  memegang  peranan  yang  sangat  penting  karena  merupakankonsep dasar untuk membangun beberapa konsep kalkulus lainnya, misalnya turunan danintegral.  Beberapa  mahasiswa  belum  memahami  definisi  formal  limit  fungsi  di  satu  titikdan  belum  mampu  mengaplikasikan  definisi  formal  untuk  menvalidasi  kebenaran  nilailimit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadapkonsep limit fungsi di satu titik. Pemahaman  yang dimaksud dalam penelitian ini adalahpemahaman instrumental (mampu menuliskan konsep limit fungsi di satu titik tetapi tidakmampu  menjelaskan  dengan  tepat)  dan  pemahaman  relasional  (mampu  menuliskan  danmenjelaskan konsep limit fungsi di satu titik dengan tepat). Subjek penelitian adalah tigaorang  mahasiswa  Jurusan  Matematika  yaitu  seorang  berkemampuan  tinggi  (ST)  denganIPK  lebih  besar  3,50,  berkemampuan  sedang  (SS)  dengan  IPK  antara  3,10  sampai  3,50,dan  berkemampuan  rendah  (SR)  dengan  IPK  kurang  dari  3,10.  Untuk  mengungkap  datapenelitian, dilakukan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Hasil penelitianmenunjukkan  pemahaman  subjek  tinggi  dan  subjek  sedang  terhadap  aspek-aspek  yangdiamati,  pada  umumnya  termasuk  pemahaman  relasional,  sedangkan  pemahaman  subjekrendah pada umumnya termasuk pemahaman instrumental.Kata kunci : Pemahaman instrumental dan relasional, limit fungsi di satu titik

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sainsmat

Publisher

Subject

Education

Description

The objective of this journal is to publish original, fully peer-reviewed articles on a variety of topics and research methods in both sciences, mathematics, its education, and applied science. The journal welcomes articles that address common issues in mathematics, sciences, education, applied ...