Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 9 (2013): September 2013

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD

Setiawan, Heru (Unknown)
Sabri, Tahmid (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2013

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas III SDN 13 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bersifat kualitatif. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. prosedur penelitian menggunakan tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik analisis data menggunakan skor rata-rata dan rumus presentase sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi, portofolio LKS dan catatan lapangan. Hasil penelitian Keterampilan proses sains siswa dalam hal kemampuan mengamati mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 26,66%, yang pada siklus I 63,34% menjadi 90,00% pada siklus III. Mengklasifikasi sebesar 20,00%, yang pada siklus I 70,00% menjadi 90,00%.pada siklus III. Mengkomunikasikan sebesar 25,00%, yang pada siklus I 65,00% menjadi 90,00% pada siklus III. Menyimpulkan sebesar 23,34%, yang pada siklus I 60,00% menjadi 83,34% pada siklus III.   Kata Kunci:  Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Pendekatan Keterampilan Proses   Abstract: The purpose of this research is improve the skills of  the fourth grade sains students of SDN 13 West Pontianak. The method used is qualitative desenptive method. The form of this research is classroom acton research; planning, implementation, observation and reflection. Technical analysis of the data using the percentage formula and the average score while data collection tool using the observation sheet, portofolio of sheet work students and field script. The results in the fourth grade sains students in observation skill increased from cycle I to cycle III 26,66% in cycle I 63,34% to be 90.00% in cycle III. Classification skill increased from cycle I to cycle III 20,00% in cycle I 70,00% to be 90.00% in cycle III. Communication skill increased from cycle I to cycle III 25,00% in cycle I 65,00% to be 90.00% in cycle III. Inference skill increased from cycle I to cycle III 23,34% in cycle I 60,00% to be 83,34% in cycle III.   Keywords: Skills of Fourth Grade Sains, Sains Studies, Skills of Fourth Grade Approach

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa published by Education and Teacher Training Faculty, Universitas Tanjungpura, issued twelve (12) times a year ie January, February, March, April, May, August, September, November and December, contains scientific research articles of Science ...