Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
Vol 15, No 1 (2019): April 2019

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI, KEPUASAN KONSUMEN , PELUANG PASAR SMARTPHONE DI INDONESIA

Bunga Wadu, Ruth Mariana (Unknown)
Wirawan, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

 Perkembangan teknologi, meningkatnya kebutuhan dan daya beli masyarakat menjadi faktor meningkatnya pengguna smartphone. Penelitian ini mencoba meneliti faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap perangkat smartphone android, blackberry, apple dan nokia, dan kepuasan konsumen terhadap system operasi yang digunakan yaitu android, blackberry OS, iOS (Apple), Symbian (Nokia). Serta mengetahui peluang pasar smartphone-smartphone tersebut di Indonesia. Variabel terikat yang digunakan adalah kepuasan konsumen dan variabel bebas adalah fitur, stabilitas & kehandalan, keakuratan, fleksibilitas, kemudahan, ketepatan waktu, keamanan, Produktivitas dan dokumentasi.Ketersediaan fitur adalah faktor utama yang mempengaruhi minat beli konsumen. Stabilitas & kehandalan, keakuratan, fleksibilitas, dan ketepatan waktu adalah variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Pada smartphone blackberry layanan web dan internet adalah faktor utama yang mempengaruhi minat beli konsumen dan fitur adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Smartphone iOS (Apple) diperoleh faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen adalah desain, layanan web dan internet. Kemudahan penggunaan serta dokumentasi adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Smartphone symbian (Nokia) diperoleh harga merupakan faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dan varabel fitur, ketepatan waktu, dan dokumentasi adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen.  Hasil analisis SWOT diperoleh smartphone android, blackberry, iOS (Apple) dan Symbian (Nokia) terletak pada kuadran I yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk berkembang dan menguasai pangsa smartphone di Indonesia. iOS (Apple) terletak pada kuadran II yaitu menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahan dan peluang lebih kecil daripada ancaman. Untuk memperkecil ancaman perusahaan perlu melakukan Diversifikasi Strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

informatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & ...