PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Vol 7 No 1 (2019): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Nining, Nining (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui peningkatan penalaranmatematis siswa kelas VI SD SDN Cipaku 03 Kecamatan Paseh KabupatenBandung Tahun Ajaran 2018-2019.dengan menggunakan model creative problemsolving. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian TindakanKelas (PTK), dimana PTK ini merupakan suatu upaya yang dilakukan guru dalamrangka memperbaiki praktek pembelajaran di kelas, sehingga PTK ini sangatlahbaik dilaksanakan oleh para guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran danmeminimalisir masalah yang muncul pada saat praktek pembelajaran. Adapuninstrumen yang diguanakan yaitu lembar observasi, lembar tes penalaranmatematis, lembar wawancara, dan jurnal catatan guru. Berdasarkan data telahdiperoleh penemuan bahwa terjadinya peningkatan-peningkatan mengenai hasiltes penalaran matematis siswa, sehingga dapat diperoleh hasil penelitian bahwamodel creative problem solving dapat meningkatkan penalaran matematis siswa.Oleh karena itu penulis merekomendasikan model creative problem solvingkepada para guru sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkanpenalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SD.

Copyrights © 2019