CEMARA
Vol 14 No 1 (2017): JURNAL PERTANIAN CEMARA (CENDEKIAWAN MADURA)

KAJIAN DOSIS VESICULAR ARBUSCULAR MICORRHIZA (VAM) DAN PRODUK OLAHAN SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.)

Qibtiyah, Mariyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2018

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh dosis vesicular arbuscularmicorrhiza dan macam produk olahan sekam terhadap peningkatan pertumbuhandan produksi kacang hijau. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompokyang diulang 3 kali. Perlakuan 1 : Mikoriza (M) terdiri dari 3 level yaitu: tanpamikoriza (M0), mikoriza 100 kg/ha (M1), mikoriza 150 kg/ha (M2). Perlakuan 2 :Olahan Sekam terdiri dari 3 level yaitu: tanpa olahan sekam (S0), bokashi sekam 10ton/ha (S1), dan sekam bakar 10 ton/ha (S2). Hasil penelitian menunjukkan adanyainteraksi yang nyata antara perlakuan dosis vesicular arbuscular micorrhiza danmacam produk olahan sekam hanya pada parameter pengamatan tinggi tanamanumur 42 hst. Pada Perlakuan dosis vesicular arbuscular micorrhiza nilai terbaikyaitu pada penggunaan dosis 150 kg/ha dan pada perlakuan macam olahan sekam,nilai terbaik adalah pada penggunaan bokhasi sekam.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Cemara (Cendekiawan Madura) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Nopember Berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori dalam bidang pertanian. ...