Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
Vol 1, No 1 (2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Rizki, lidya Dita (Unknown)
Yensy B., Nurul Astuty (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VC untuk kelas kontrol tidak menggunakan media manipulatif dan kelas VA untuk kelas eksperimen menerapkan penggunaan media manipulatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes diberikan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media manipulatif lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar tanpa menggunakan media manipulatif. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t hitung (14,57) > t tabel (2,00). Nilai thitung yang diperoleh lebih dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...