Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Vol 5, No 2 (2019): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smp Swasta Nasrani 3 Tahun Pelajaran 2019/2020

Sihombing, Erikson ( Universitas Prima Indonesia )
Anisah, Anisah ( Universitas Prima Indonesia )



Article Info

Publish Date
10 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes Kemampuan Menulis Puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari skor rata-rata skor kemampuan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW dengan rata-rata dikoreksi (res)A1 = 28,84 sedangkan skor kemampuan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata dikoreksi (res)A2 = 25,47, sedangkan ttabel = 2.036. karena thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW (A1) dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori (A2).

Copyrights © 2019