Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA

PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL ELEKTROFORESIS GEL SEBAGAI PENGGANTI PRAKTIKUM RIIL

Maryuningsih, Yuyun - (Unknown)
Manfaat, Budi (Unknown)
Riandi, Riandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Tujuan pembelajaran Genetika terutama dalam kegiatan praktikum salah satunya adalah praktikan dapat memahami teknik pemisahan DNA dan memahami regulasi ekspresi gen, dengan melakukan kegiatan praktikum elektroforesis gel. Kemampuan siswa dalam memahami elektroforesis gel perlu dilatihkan pada praktikum genetika. Beberapa LPTK terkendala tidak memiliki perangkat praktikum elektroforesis gel, untuk itu, perlu diupayakan praktikum pengganti demi memenuhi tujuan pembelajaran. Virtual laboratorium merupakan salah satu solusi sebagai upaya memenuhi tujuan pembelajaran agar sesuai. Vitual lab elektroforesis dan PCR ini dimplementasikan secara eksperimental pada praktikan mahasiswa yang mengampu mata kuliah genetika dan praktikum. Data nilai laporan virtual lab diuji beda dengan praktikum real dengan amsumsi nilai laporan praktikum dengan varian yang sama dan dengan hipotesis nilai laporan praktikum virlab dan praktikum real tidak berbeda secara signifikan. Data uji perbedaan nilai laporan praktikum antara nilai laporan real dan virtual dengan uji beda t test menunjukkan bahwa nilai laporan praktikum virlab dan praktikum real tidak berbeda signifikan, hal ini menunjukkan bahwa virlab dapat digunakan sebagai pengganti praktikum real pada praktikum elektroforesis gel.

Copyrights © 2019