KUMARA CENDEKIA
Vol 3, No 4 (2015): Desember, 2015, H.300-374

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR

Kurniawati, Herni (Unknown)
Winarni, Retno (Unknown)
Hidayah, Noer (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar padaanak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bulurejo Juwiring, Klaten tahun ajaran 2013/2014 dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitiandilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian iniadalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bulurejo Juwiring, Klaten yang terdiridari 30 anak. Sumber data berasal dari guru, kepala sekolah dan anak. Teknik pengumpulandata dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu,reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching andLearning dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK AisyiyahBustanul Athfal Bulurejo Juwiring, KlatenKata kunci: keterampilan motorik kasar, model pembelajaran Contextual Teaching andLearning

Copyrights © 2015