Limacon: Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2019): Limacon Journal of Mathematics Education

Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry melalui Penguatan Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Parasta, Yuanita Dwi (Unknown)
Sutiarso, Sugeng (Unknown)
Caswita, Caswita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian iniĀ  merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan pada pokok bahasan Segi Empat, dan mengetahui efektifitas model pembelajaran yang dikaitkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker, dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary, dan uji formatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 2 Sukadana TP 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan.termasuk dalam ketegori baik. Hasil analisis data pada uji terbatas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan dengan kategori cukup efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

limacon

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Limacon: Journal of Mathematics Education is first published in 2019 and covers much research in all levels of mathematics education (primary, secondary, and higher education). The publication frequency is twice a year in June and December. ...