Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)

STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta)

Kurnia, Indhira Hari (Unknown)
Santoso, Djoko (Unknown)
Rahmanto, Andre Noevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2013

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan reputasi sekolah. (2). Untuk mengetahui persepsi stakeholders (alumni sekolah dan orang tua murid) terhadap strategi humas dalam meningkatkan reputasi sekolah (3). Untuk mengetahui hambatan humas (4). Untuk mengetahui solusi yang digunakan humas. Penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snow ball sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik anali--sis data dengan analisis data model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa reputasi sekolah telah sesuai dengan visi sekolah. Meskipun ada dinamika yang mempengaruhi keadaan sekolah. Namun fluktuasi tersebut tidak berlangsung lama. Adanya kepercayaan dan kebanggaan stakeholders terhadap SMA Negeri 1 Surakarta. Membuktikan bahwa sekolah berada pada level yang memuaskan. Namun sarana prasarana, terdapat saran untuk meningkatkan sarana dan prasarana. Pihak sekolah yang diwakili oleh wakasek humas menyikapi saran dan kritik melalui peningkatan prestasi sekolah dengan pembinaan intensif serta peningkatkan sarana prasarana sesuai prioritas. Hambatan yang tidak berkaitan dengan sarana prasarana dari intern dan ekstern disikapi dengan bijak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kata kunci : Strategi, humas, reputasi, sekolah. ABSTRACT The aim of the research are (1). To investigate the strategy of public relations in aim increasing of the school reputation. (2). To find out the stakeholders perception (the school graduates and the parent of the student) about the strategy of public relations in improving the school reputation. (3). To investigate the public relations obstruction. (4). To know the efforts made in by the public relations. This research is qualitative research with descriptive approach and embedded case strategy and The sampling technique used Purposive Sampling and Snow Ball Sampling. The method to collected data used interview, observation, and documentation. While analyze used interactive model data analyze. Based on the finding, shows that the school reputation is suitable with the school vision. Although there are occasion that can influence the situation. But the fluctuation is not longer enough. Because the huge trust and proud the stakeholders toward the SMA Negeri 1 Surakarta. It prove that the school reputation on the satisfasion level. The infrastructure must be upgrade. The school representative, the deputy of public relations take an action to handle the opinion by improving the achievement with the intensive management and increasing the infrastructure by priority. The other obstruction handle by wisely according to the rules. Key word: Strategy, public relations, reputation, school.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

jupe menerbitkan secara on-line kajian ilmiah dan hasil penelitian mahasiswa tentang pendidikan ekonomi yang mengakomodir pendidikan ekonomi, pendidikan akutansi, pendidikan tata niaga dan pendidikan administrasi perkantoran. Kesemuanya memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan ...