Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2018)

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ANAK KELAS III SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 22 DANGIN PURI

Rumiati, Ni Ketut ( SDN 22 Dangin Puri )



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Dangin Puri  di Kelas III yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia  cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 64,72. setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66,47 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia  siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2017/2018  SD Negeri 22 Dangin Puri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...