JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan

KEBUDAYAAN SUKU KUBU PADA MASA TRANSISI (STUDI KASUS DESA SUNGAI KIJANG KECAMATAN RAWAS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN 1974 – 1980)

Sustianingsih, Ira Miyarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kehidupan kebudayaan, pola mata pencaharian, serta proses adapatasi ketika pemerintah berusaha mengangkat derajat kehidupan suku Kubu di Desa Sungai Kijang Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1974-1980. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan metode pendekatan kasus tunggal, yaitu mengangkat berbagai informasi kualitatif di mana peneliti mengumpulkan data dari informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan strategi interaktif dan noninteraktif yaitu berupa wawancara langsung, observasi langsung dan mencatat arsip dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Proyek Nasional PKMT pemerintah berhasil memukimkan kehidupan mereka supaya tidak lagi nomaden. Pada kenyataannya sistem mata pencaharian mereka masih mengumpulkan hasil hutan inilah yang pada akhirnya menimbulkan sistem kehidupan dua tempat tinggal. Hal ini merupakan tugas pemerintah untuk terus membangun sistem perekonomian dan ilmu pengetahuan suku Kubu di Desa Sungai Kijang ke taraf kehidupan yang lebih baik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...