JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau Tahun Ajaran 2012/2013

N., Noermanzah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP. Metode yang digunakan berupa metode deskriptif dengan sampel penelitian yaitu SMPN 1 Kota Lubuklinggau, SMPN 5 Kota Lubuklinggau, dan SMPN 10 Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut: transkripsi, identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP karena berdasarkan hasil analisis dokumentasi silabus dan RPP, para guru masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam menuangkan kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) ke dalam bentuk nyata dan penyusunan instrumen penilaian belum berbasis proses (autentic assessment). Untuk itu, diperlukan kontrol dan evaluasi terhadap produk silabus dan RPP oleh berbagai pihak yang terkait.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...