JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau

Susanti, Eli (Unknown)
Astuti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Hal ini sesuai dengan rumusan permasalahan dalam penelitian, yaitu: Apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau? Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan penggunaan dua sampel penelitian yang dipilih secara acak kelas sehingga terpilih kelas XI IA sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping dan kelas XI IS sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes (wawancara) pada guru bahasa Indonesia. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji “t” (uji perbedaan dua rata-rata) didapat t hitung = 5,70. Selanjutnya t hitung dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan db = (n1 + n2 – 2) = (32 + 38 – 2) = 68. Dikarenakan 68 tidak terdapat pada tabel, maka digabungkan db = 120. Lalu dibandingkan dengan t tabel dalam taraf signifikan 5 %  diperoleh t tabel1,98 dan taraf kepercayaan 1%  diperoleh t tabel 2,62. Jadi, hipotesis Alternatif (Ha) diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel (5,59 > 1,98 dan 5,59 > 2,62). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau, teruji kebenarannya.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...