JTK: JURNAL TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN
Vol 2, No 2 (2017): JURNAL TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN

STUDI PERHITUNGAN EFEKTIVITAS DERATE THRUST ENGINE CFM56-5B PADA PESAWAT AIRBUS A320-200

Susilo, Tri (Unknown)
K, Aprilia Sakti (Unknown)
Anggoro, Pandu Yugo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penggunaan gaya dorong secara maksimal secara terus menerus dapat mempersingkat usia mesin pesawat dan juga tentunya akan menambah biaya perawatan pesawat tersebut. Sebuah metode untuk meng-optimalkan pemakaian mesin dengan membatasi kinerja mesin agar mesin tidak bekerja dengan tenaga maksimal dinamakan Derate Thrust. Penelitian ini membahas mengenai perhitungan efektivitas Derate Thrust pada saat  takeoff pada pesawat A320-200 dengan menggunakan engine CFM56-5B pada bulan Januari sampai Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan yang menggunakan rumus-rumus Derate Thrust yang dikeluarkan oleh pihak manufaktur engine yaitu CFM. Selanjutnya akan dilakukan perbandingan antara data aktual dengan perhitungan manual. Hasil dari perhitungan manual efektivitas Derate Thrust untuk PK-A1, PK-A2, dan PK-A3 selama bulan Januari sampai Maret 2016 tertinggi yaitu pada bulan Februari sebesar 25.559% dengan EGT 699 0C pada pesawat PK-A1. Berdasarkan hasil tersebut maka temperature berbanding terbalik dengan effektivitas Derate Thrust dan temperature merupakan faktor penting dalam pengoperasian Derate Thrust

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian dan kajian analitis kritis bidang teknik penerbangan yang belum pernah dipublikasikan pada media lain. Adapun lingkup bahasan meliputi: propulsi, avionik, struktur, material pesawat terbang, pemeliharaan dan operasional pesawat terbang, sistem ...