Desa-Kota : Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, dan Pemukiman
Vol 1, No 2 (2019)

POTENSI GANGGUAN AREA ON STREET PARKING PADA KAWASAN KOMERSIAL TERHADAP KINERJA JALAN (LOKASI JALAN PEMUDA KOTA MAGELANG)

Burhani, Muhammad Anwan (Unknown)
Yudana, Galing (Unknown)
Rahayu, Paramita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Kota merupakan konsentrasi penduduk dalam suatu wilayah geografis tertentu yang mampu menghidupi dirinya sendiri melalui kegiatan ekonomi. Kawasan Pecinan telah dikenal secara luas di Indonesia sebagai domain ekonomi atau pusat aktivitas komersial. Jalan Pemuda di Kota Magelang merupakan kawasan pemukiman tionghoa atau pecinan dengan aktivitas komersial yang berkembang pesat. Perkembangan aktivitas komersial ini manimbulkan tarikan pergerakan yang tinggi. Konsekuensinya permintaan parkir pada kawasan komersial tersebut meningkat. On street parking terjadi karena tidak adanya fasilitas off street parking atau fasilitas parkir yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan yang ada. On street parking di Jalan Pemuda adalah on street parking terpanjang dan paling masif di Kota Magelang. Selain itu Jalan Pemuda adalah jalan utama Kota Magelang yang melintasi pusat kota dan merupakan penghubung dua pusat kegiatan nasional (PKN) yaitu Kota Yogyakarta dan Kota Semarang. Oleh sebab itu memahami potensi gangguan on street parking yang masif terhadap kinerja jalan pada kawasan seperti ini adalah hal penting. Motode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 4 variabel on street parking dan 2 variabel kinerja jalan serta proses analisis triangulasi untuk mengetahui potesi gangguan on street parking pada kawasan komersial terhadap kinerja jalan. Triangulasi metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa on street parking di Jalan Pemuda Kota Magelang memberikan tingkat gangguan yang tinggi terhadap kinerja jalan. Oleh sebab itu sangat penting untuk mencari alternative lokasi off street parking untuk mengakomodasi parkir di Jalan Pemuda untuk menghindari kemacetan di jalan utama Kota Magelang.Kata Kunci : kawasan komersial, kinerja jalan, on street parking.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdk

Publisher

Subject

Humanities Engineering Environmental Science Social Sciences Transportation

Description

Desa-Kota, adalah jurnal perencanaan wilayah, kota, dan permukiman, yang tujuan utamanya adalah untuk memperdalam pemahaman tentang kondisi perkotaan, perdesaan, dan kewilayahan, serta perubahan dan dinamika yang terjadi di area tersebut, baik dari perspektif empiris, teoretis, maupun ...