Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia

Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep Di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob tahun 2018

Fatmawati Kastella, Nur Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Waktu tunggu adalah salah satu standar minimum layanan farmasi di rumah sakit, waktu tunggu untuk layanan obat non-ramuan adalah periode waktu bagi pasien untuk mengirimkan resep mereka untuk menerima obat non-ramuan dengan standar minimum yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan, yang adalah 30 menit, sementara menunggu layanan ramuan obat adalah masa tenggang dari saat pasien mengajukan resep sampai menerima obat ramuan yaitu ≤ 60 menit. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analitik observasional dan desain penelitian survei cross sectional. Subjek penelitian adalah pasien yang mengunjungi instalasi farmasi Rumah Sakit BhayangkaraBrimob pada bulan Juli hingga Agustus 2018 sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Waktu tunggu sebagian mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Brimob. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang diperoleh dengan nilai t-hitung <-tabel (-2,477 <-1,985), maka Ho1 ditolak. Komunikasi yang efektif secara parsial mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Brimob Rumah Sakit Bhayangkara. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang diperoleh dengan nilai thitung> ttabel (19,821> 1,985), maka Ho2 menolak. Waktu tunggu dan komunikasi yang efektif bersama-sama mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Brimob. Ini ditunjukkan oleh uji F hitung> F tabel (211.148> 3.090), maka Ho ditolak. Waktu tunggu sebagian mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Brimob. Komunikasi yang efektif secara parsial mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Brimob Rumah Sakit Bhayangkara. Waktu tunggu dan komunikasi yang efektif bersama-sama memengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Brimob Rumah Sakit Bhayangkara.Kata Kunci: Waktu Tunggu, Kepuasan Pelanggan, dan Kecepatan Layanan Resep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MARSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Public Health

Description

Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) dengan p-ISSN : 2685-6298 dan e-ISSN : 2685-6328 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap ...