Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol 4 No 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN GENDER

Nugraha, Tonnie Hari (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)
Syamsuri, Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara keseluruhan maupun berdasarkan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Cikulur. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis. Dari data pretes dan postes diperoleh data n-gain kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua-jalur untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori ditinjau dari keseluruhan siswa, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran ekspositori, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran ekspositori, tetapi tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa perempuan dan siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education is a journal published by the mathematics education program Unpas FKIP. The contents of this journal is a publication of the results of the practitioner's thoughts and expert learning and mathematics education both ...