AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

RELEVANSI KURIKULUM PGMI TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI IAIN METRO

Afifah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Capaian Pembelajaran (CP) didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan alat ukur dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik struktur  maupun tidak terstruktur. Penetapan capaian pembelajaran harus mengacu pada tiga rujukan/dokumen; yaitu KKNI, SNPT dan SNPG. Selanjutnya rumusan capaian pembelajaran dijabarkan dalam Standar Kopetensi Lulusan (SKL)  yang dinyatakan dalam empat unsur yaitu : Sikap,  keterampilan umum, pengetahuan dan keterampilan khusus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kurikulum PGMI terhadap capaian pembelajaran mahasiswa IAIN Metro. Adapun penelitian kualitatif berjenis penelitian studi pustaka (library research). Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Selanjutnya Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.Capaian Pembelajaran dalam kurikulum jurusan PGMI IAIN Metro sesuai dengan ketentuan KKNI, SNPT dan SNPG adalah sebagai berikut; empat unsur standar kelulusan yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan PGMI IAIN Metro berupa unsur sikap yang dinternalisasikan saat proses pembelajaran,  unsur keterampilan umum merupakan kemampuan menjadi guru secara umum, unsur pengetahuan merupakan penguasaan pengetahuan secara mendalam dalam bidang pendidikan, psikologi dan pengajaran dan unsur keterampilan khusus yaitu ; kemampuan lulusan program studi sesuai bidang keilmuan/keahlian dalam hal ini sebgai guru kelas di SD/MI

Copyrights © 2019