AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR

Siregar, Nur Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Matematika memiliki objek yang bersifat abstrak. Siswa mengalami kesulitan dalam matematika karena sifat keabstrakannya. Tahap tingkat perkembangan berfikir siswa pada tingkat sekolah masih konkrit, oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan yang dipandang baik dan tepat yang dapat mengatasi permasalahan atau dapat menjembataninya adalah dengan pendekatan matematika realistik. Pembelajaran matematika ini berorientasi pada pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan merekonstruksi konsep-konsep matematika, sehingga siswa mempunyai pemahaman tentang konsep-konsep matematika. Pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih menyenangkan yang dapat mempengaruhi komunikasi matematis siswa. Proses komunikasi matematis siswa yang baik dapat menjadi sarana untuk membentuk pembelajaran yang efektif dan komunikatif terutama untuk siswa SD yang dalam tingkat berfikir masih konkrit. 

Copyrights © 2019