Al-MUNZIR
No 2 (2015): VOL 8 NO.2 NOVEMBER 2015

COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC),POLA BARU BERKOMUNIKASI

Arnus, Sri Hadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2018

Abstract

Computer Mediated Communication (CMC) muncul seiring perkembangan teknologi komunikasi dan internet yang sangat pesat. Cakupan dari CMC itu sendiri termasuk sistem obrolan (chatting), world wide web (www), sistem tekstual, grafis, fotografi, audio, dan video hyperlink, berbagi video seperti Youtube dan sistem jejaring sosial dan sistem pencarian pertemanan seperti facebook dan lain sebagainya.Pola CMC menimbulkan pergeseran pola komunikasi dalam masyarakat, dari pola komunikasi yang dahulu dilakukan secara tatap muka (face to face), kini dapat dilakukan melalui media jejaring sosial. Pergeseran serupa juga terjadi pada komunikasi massa dimana media massa tradisional seperti televisi dan surat kabar, mulai ditinggalkan seiring dengan perkembangan media sosial dan situs berita online, dimana masyarakat dapat memperoleh berita teraktual dengan cepat, mudah, dan dapat diakses kapan dan dimana saja. Pola CMC tentu membawa dampak positif dan negatif pada masyarakat baik sosial, ekonomi, maupun dampak psikologis. Mengatasi dampak negatif dari pola CMC berpulang kepada individu penggunanya untuk lebih bijak dalam penggunaan pola CMC tersebut. Kata Kunci: Computer Mediated Communication (CMC), Komunikasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

al-munzir

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Al- Munzir (p-ISSN: 1979-4894; e-ISSN: 2620-326X) is a journal that publishes scientific papers, articles in the form of thought study and research results. Al-Munzir received articles from academics, researchers, journalists and national and international students in the fields of ...