JURNAL BIOEDUCATION
Vol 4, No 1 (2017): JURNAL BIOEDUCATION

REMEDIASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BOOKLET PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 01 KUBU RAYA

Rahmah, Adnin (Unknown)
Rahayu, Hanum Mukti (Unknown)
Sunandar, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan pengaruh pembelajaran remediasi dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning(CTL)berbantuan Media Bookletterhadap hasil belajar siswa. Hasil uji statistik T-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Sedangkan hasil perhitungan gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,58 (kategori sedang). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran remediasi dengan menggunakan model contextual teaching and learning(CTL) berbantuan media booklet.Kata kunci:Remediasi, CTL, Booklet, hasil belajar siswa, sistem pernapasan manusia.ABSTRACT The aims of study was to determine difference and effect of remediation learning used contextual teaching and learning (CTL) model with bookleton student learning outcomes. T-testresult show significance value (0,000 ˂ 0.05), and average gainvalue at 0,58 (medium category). The conclution of this study had difference and influences learning outcomes in remediation lerning used contextual teaching and learning (CTL) model with booklet.Keywords: Remediation, CTL, booklets, student learning outcomes, the human respiratory system 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...