JURNAL BIOEDUCATION
Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Bioeducation

METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs RAUDLATUL FIRDAUS KUBU RAYA


Dewi, Kartika, Qurbaniah, Mahwar



Article Info

Publish Date
14 Aug 2018

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian tahun 2015/2016 dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa  kelas VIII antara yang diajarkan dengan metode The Power of Two dengan metode konvensional  pada materi sistem pencernaan manusia, besarnya pengaruh penggunaan metode The Power of Two dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatul Firdaus Kubu Raya pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui efektifitas metode The Power of Two berdasarkan hasil belajar siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji U Mann-Whitney data gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan Effect Size, metode The Power of Two menggunakan memberikan pengaruh terhadap persentase peningkatanhasil belajar sebesar 79.40%. Hal ini menunjukkan metode The Power of Two lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dan memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.Kata Kunci : hasil belajar, The Power of Two,  sistem pencernaan manusia.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (131.661 KB)
Original Source : http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/article/view/1072
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...