Academy of Education Journal
Vol 10 No 01 (2019): Academy of Education Journal

PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/ 2017

UCY, FKIP (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 2). pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 3). pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan 4). pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara simultan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas 11 Sekolah Menengah Atas Negeri dengan jumlah 8.073 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling atau acak sederhana. Dari 11 Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta diambil sampel 367 siswa, dengan ketentuan setiap Sekolah Menengah Atas Negeri terkait yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X dan siswa kelas XI. Data kecerdasan intelektual dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh dari dokumen, data kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian disimpulkan 1). terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,000 < 0,05 persamaan regresi sebesar 0,119. 2). Terdapat pengaruh positif tapi tidak signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,119 > 0,05 persamaan regresi sebesar -0,064. 3). Terdapat pengaruh positif tapi tidak signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,365 > 0,05 persamaan regresi sebesar 0,040. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R2) = 0,051 artinya variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel terikat sebesar 5,1% sisanya sebesar 94.9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memuat kajian-kajian dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan). Diterbitkan oleh LPPM bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Universitas ...