Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 4, No 1 (2017)

TEORI HEREDITAS MENDEL: EVOLUSI ATAU REVOLUSI (KAJIAN FILSAFAT SAINS)

Meilinda, Meilinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Abstrak: Hereditas biasa didefinisikan sebagai transmisi genetik dari orang tua pada keturunannya, meski kejadian sesungguhnya tidaklah sesederhana itu. Anak pada dasarnya tidak mewarisi bentukan fisik seperti tinggi badan, warna kulit ataupun rambut. Anak juga tidak mewarisi bakat bermusik atau kecenderungan berbuat kriminal, yang diwarisi anak dari ayah dan ibunya adalah genotif mereka. Teori hereditas merupakan bahasan filsafat sains yang menarik untuk diperdebatkan karena selain mempengaruhi perkembang bidang keilmuan biologi modern, hereditas juga mempengaruhi bidang sosial. Artikel ini akan membahas teori hereditas Mendel sebagai bagian dari filsafat perkembangan sains dengan membandingkannya pada teori-teori hereditas pra dan pasca Mendel. Dari hasil analisis dan kajian pustaka dapat disimpulkan bahwa teori hereditas Mendel merupakan revolusi paradigma sains jika dibandingkan dengan pra-Mendel tetapi merupakan evolusi paradigma sains jika dihubungkan dengan perkembangan teori hereditas pasca-Mendel   Kata Kunci: Mendel, Hereditas, Filsafat Sains

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...