Jurnal Riset Komunikasi
Vol 1 No 1 (2018): Februari 2018

KOMUNIKASI DIGITAL PADA PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT E-COMMERCE DALAM PENDEKATAN JEAN BAUDRILLARD

Ridwan, Harnina (Unknown)
Masrul, Masrul (Unknown)
Juhaepa, Juhaepa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Penggunaan internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang  bisnis terutama pada perusahaan skala besar. Pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif  tersebut. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce  (e-commerce)  untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Kehadiran e-commerce sendiri telah menggeser budaya masyarakat dalam bertransaksi. Dimana perubahan terjadi ketika yang biasanya masyarakat membutuhkan waktu dan mengharuskan untuk bertransaksi secara konvensional, namun kehadiran e-commerce itu sendiri memberikan ruang pada masyarakat sehingga mampu berbelanja secara online. Hal ini tentunya telah mengubah pola komunikasi masyarakat dalam melakukan transaksi. Yang tidak lagi harus pada komunikasi secara face to face (tatap muka) dalam melakukan transaksi namun bisa teraktualisasikan hanya dengan cara komunikasi dalam virtual. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui perubahan sosial pada budaya e-commerce dan dampak dari budaya e-commerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Dengan mengumpulkan berbagai teori, dan data yang terkait, kemudian menganalisis dan menyimpulkannya sehingga penulis dapat menjelaskan perubahan sosial terhadap perilaku konsumtif masyarakat melalui  budaya e-commerce. Hasil analisis kami menunjukkan bahwa pergeseran masyarakat pada budaya transaksi online merupakan salah satu pengaruh signifikan karena adanya fasilitas e-commerce. Pergeseran masyarakat pada budaya transaksi online merupakan salah satu pengaruh sinifikan karena adanya fasilitas e-commerce. Kehadiran e-commerce, mampu mengubah cara pandang masyarakat terhadap suatu barang yang di konsumsi. Pembelian suatu produk bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan, melainkan karena keinginan, dimana use value (nilai guna) berubah menjadi exchange value (nilai tukar). Didukung oleh perkembangan teknologi informasi, jaringan komunikasi pada dunia virtual kian memfasilitasi dengan adanya e-commerce ini masyarakat bertransaksi secara online tidak lagi harus secara konvensional. Berdasarkan realitas tersebut, dilihat dari perspektif Jean Baudrillard masyarakat lebih digiring pada simulasi-simulasi yang dibentuk oleh media dalam hal ini e-commerce sebagai media alternatif untuk kemudian konsumsilah yang menjadi inti ekonomi. Bukan pada produksi. Manusia lebih memilih untuk mengkonsumsi tanda daripada melihat kegunaan objek itu sendiri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...