Jurnal Riset Komunikasi
Vol 1 No 1 (2018): Februari 2018

KOMODIFIKASI KONFLIK DALAM TAYANGAN TELEVISI

Nurfikria, Ikrima (Unknown)
Tawulo, Megawati Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Tulisan ini menganalisis proses komodifikasi konflik yang terjadi pada tayangan televisi di Indonesia. Komodifikasi konflik dalam tayangan televisi menjadi objek yang akan dianalisis menggunakan perspektif ekonomi politik media. Berdasarkan hasil analisis, terlihat jelas bahwa program acara Pagi-Pagi Pasti Happy melakukan komodifikasi konflik dalam tayangannya. Artinya, konflik secara sengaja dijadikan komoditas untuk menarik perhatian audiens. Hal apapun dapat diubah menjadi komoditas yang layak tonton alias mengalami komodifikasi dan dikomersialisasikan. Salah satunya adalah komoditi konflik. Konflik mendapatkan tempat ‘spesial’ di televisi dan dijadikan sebagai komoditas yang dilebih-lebihkan atau dimanipulasi, bahkan ditambah rekayasa tertentu agar alur ceritanya menjadi lebih dramatis sehingga dapat menyita perhatian publik. Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk mendapatkan rating yang tinggi dari penonton televisi. Rating yang tinggi artinya ketertarikan yang tinggi pula dari para calon pemasang iklan yang akan mengalirkan pundi-pundi rupiah ke kantong rumah produksi dan juga televisi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...