Jurnal Riset Komunikasi
Vol 1 No 1 (2018): Februari 2018

PEMBENTUKAN POSITIONING DENGAN VIDEO BACA #TWEETJAHAT PASANGAN ANIES-SANDI SEBAGAI STRATEGI POLITICAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA

Susanto, Tri (Unknown)
Muhamad, Reka Prakarsa Nur (Unknown)
Syamsuri, Satria Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Political Marketing adalah salah satu kegiatan dalam proses pemilihan Yang digunakan sebagai proses dalam memperkenalkan kandidat kepada masyarakat dengan metode marketing. Pasangan anies –sandi menggunakan political marketing dalam pembentukan positioning yaitu Tindakan untuk menancapkan citra tertentu kedalam benak para pemilih agar tawaran produk politik dari kandidiat pemilihan yang memiliki posisi khas, yang mencari jendela di dalam otak pemilih (Nursal:2004) melalui video baca #tweetjahat di media sosial. Strategi #tweetjahat ini mendapat respon positif dari masyarakat yaitu menanggapi tweet yang tidak baik dan menjatuhkan kedalam hal yang humoris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi kampanye melalui media sosial Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus yang mengambil aktivitas kampanye di media sosial Akun @aniesbaswedan dan @sandiuno di Instagram. Temuan penelitian memberikan gambaran Strategi Komunikasi politik dengan pendekatan marketing melalui media sosial dalam pembentukan positioning yang baik pada calon pemimpin dalam Kampanye Pemilihan gubernur DKI Jakarta dengan membaca  #tweetjahat membentuk positioning Anies –sandi sebagai pasangan pemimpin yang humoris, sabar dan ramah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...