JURNAL KEBIDANAN
Vol 4 No 1 (2015): JURNAL KEBIDANAN

HUBUNGAN PENGETAHUAN MULTIGRAVIDA TRIMESTER III TENTANG TANDA – TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DI BPM NY. ERWIN ( Desa Titik Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri )

KOMARIYAH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

     Selama kehamilan dan perkembangan kehamilan dari bulan ke bulan diperlukan kemampuan seorang ibu hamil untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada fisik dan mentalnya. Semakin bertambah usia kehamilan, akan mengakibatkan bentuk tubuh ibu berubah yang semula langsing menjadi tidak langsing lagi. Hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena perubahan tersebut adalah suatu keadaan yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan primigravida dalam menghadapi perubahan fisiologi selama kehamilan.      Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua primigravida di BPS Ny. Anik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 responden dan diambil secara Total Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang berskala HARS dan dianalisa dengan menggunakan editing, coding, scoring, tabulating.      Hasil penelitian terhadap 22 responden didapatkan yang tidak ada kecemasan sebanyak 0 responden (0%), kecemasan ringan sebanyak 22 responden (100%), kecemasan sedang sebanyak 0 responden (0%), dan kecemasan berat sebanyak 0 responden (0%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua responden mengalami kecemasan ringan yaitu 22 responden (100%). Oleh karena itu hendaknya bidan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan responden khususnya primigravida sehingga responden tidak akan mengalami kecemasan dalam menghadapi kehamilannya.  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JKDH

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kebidanan (JKDH) is one of the journals that concerns on health field in Indonesia. it was published since 2012, JKDH receives research papers, scientific articles, and scientific case reports that have never been published in other media and focuses on a variety of ...