JURNAL KEBIDANAN
Vol 4 No 1 (2015): JURNAL KEBIDANAN

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENYIMPANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN (Di TK Kartika Jaya Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)


Sudjud, Soemarmi, endarwati, susiani



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mendukung perkembangan emosional anak. Namun permasalahan sering kali muncul, manakala orang tua sering kurang tanggap.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan penyimpangan mental emosional anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya. Desain penelitian ini adalah metode analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang mempunyai anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya sejumlah 32 orang dengan menggunakan total sampling. Variabel penelitian ini adalah variable independen pola asuh orang tua dan variable dependen adalah perkembangan emosional anak pra sekolah 4-5 tahun. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editting, coding, scoring dan tabulating. Analisa data dengan chi square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden menerapkan pola asuh authoritative yaitu sebanyak 29 responden (91%). Dan perkembangan emosional yang sesuai yaitu 22 anak (69%), perkembangan emosional yang meragukan 6 anak (19%) dan perkembangan emosional yang mengalami penyimpangan sebanyak 4 anak (12%). Dari perhitungan statistic menggunakan uji statistic chi square menunjukkan hasil χ2 hitung 10,421 dengan α 0,05. Oleh karena itu χ2 hitung lebih besar dari χ2α  (10,421 > 5,991) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya pola asuh orang tua berhubungan dengan penyimpangan mental emosional anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika JayaKecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Pola asuh yang diterapkan orang tua sangat erat hubungannya dengan penyimpangan emosional.    


Copyrights © 2019






Download : Full PDF (151.634 KB)
Original Source : https://akbid-dharmahusada-kediri.e-journal.id/JKDH/article/view/83
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JKDH

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kebidanan (JKDH) is one of the journals that concerns on health field in Indonesia. it was published since 2012, JKDH receives research papers, scientific articles, and scientific case reports that have never been published in other media and focuses on a variety of ...