Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 12, No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VC SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Resnani, Resnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik  dengan menerapankan model dicovery learning (DL) kelas VC SDIT  Generasi Rabani kota Bengkulu, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik melalui penerapan model dicovery learning (DL)kelas VC SDIT  Generasi Rabani kota Bengkulu.Metode yang digunakan adalah  (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaituperencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery  learning   pada pembelajaran  Tematik  kelas V CSDIT Generasi Rabbani kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi setiap siklusnya. Hasil observasi guru pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 39 dengan kategori cukup  meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 49 dengan kategori baik.Hasil observasi siswa pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 38 dengan kategori cukup  meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 44 dengan kategori baik.  (2) Penerapan model discovery  learning   pada pembelajaran  Tematik  kelas V CSDIT Generasi Rabbani kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar setiap siklusnya. hasil belajar siswa  siklus pertama nilai rata-rata adalah  68,5 dengan persentase ketuntasan secara klasikal adalah 70%  meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 85 dengan persentase 88%.

Copyrights © 2019